REFLEKSI DWI MINGGUAN 3.3 || PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Model segitiga refleksi yang Anda maksud kemungkinan besar adalah model refleksi yang dikembangkan oleh David Kolb. Kolb dikenal dengan Kolb's Experiential Learning Model, yang menggambarkan proses belajar sebagai siklus yang terdiri dari empat tahap: pengalaman konkret, refleksi terhadap pengalaman, konseptualisasi abstrak, dan eksperimen aktif.
Model ini sering digambarkan dalam bentuk segitiga atau lingkaran untuk menunjukkan hubungan antara keempat tahap tersebut. Dalam konteks refleksi, Kolb menekankan pentingnya merenung tentang pengalaman yang telah terjadi dan bagaimana hal tersebut dapat membentuk pemahaman dan tindakan di masa depan.
1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu....
Mengidentifikasi dan menerapkan elemen-elemen penting dalam perancangan program yang berdampak positif pada murid, termasuk bagaimana meningkatkan student agency melalui pemberian suara, pilihan, dan kepemilikan kepada murid. Saya juga dapat memahami bagaimana melakukan pemetaan aset untuk mengoptimalkan program di sekolah.
2. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa....
Perancangan program yang efektif tidak hanya bergantung pada struktur dan materi yang diajarkan, tetapi juga pada sejauh mana murid merasa terlibat dan memiliki program tersebut. Memberikan suara dan pilihan kepada murid serta menciptakan lingkungan yang mendukung merupakan kunci untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.
3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini.....
Sangat puas dan terinspirasi. Pembelajaran hari ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana mengelola program secara efektif dan mengintegrasikan student agency dalam setiap aspek perancangan. Saya merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk menerapkan konsep-konsep ini di sekolah saya.
4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah...
Untuk mulai merancang program atau kegiatan di sekolah yang memperhatikan suara dan pilihan murid. Saya akan berkolaborasi dengan rekan-rekan guru dan murid untuk memastikan bahwa program yang dikembangkan tidak hanya memenuhi tujuan akademis, tetapi juga meningkatkan rasa memiliki dan keterlibatan murid. Selain itu, saya akan melakukan pemetaan aset di sekolah untuk mengidentifikasi sumber daya yang dapat mendukung keberhasilan program tersebut.







 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
.png) 
 
 
.png) 
0 komentar:
Posting Komentar