Penjelasan Program LMS Guru Belajar Literasi Numerasi
p.1. Penjelasan Program
Pengantar Bimtek
Dalam rangka meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi guru kami
menyelenggarakan Bimtek Literasi dan Numerasi ditujukan untuk guru SD dan SMP.
Bimtek ini terdiri dari 3 Modul yaitu: 1) Konsep Dasar Literasi dan Numerasi,
2) Implementasi Literasi dan Numerasi pada pembelajaran di sekolah dan 3)
Praktik Baik Literasi dan Numerasi di sekolah, keluarga dan masyarakat.
Melihat urgensinya materi dalam Bimtek ini, kami berharap Guru SMA/SMK/MA
dan Kepala sekolah SD, SMP dan SMA seyogyanya mengikuti Bimtek ini. Hal ini akan banyak membantu proses implementasi literasi dan
Numerasi pada jenjang tersebut. Para Widya Iswara Bahasa Indonesia dan Widya
Iswara Matematika, perlu juga melihat materi dan perkembangan konsep serta
implementasi Literasi dan Numerasi pada Bimtek ini.
Sahabat Guru Belajar,
Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan peserta memiliki kecakapan literasi
berkembang dengan indikator: 1) mampu melihat profil perkembangan literasi
anak, 2) mampu menyiapkan kelas yang kaya teks, 3) mengetahui struktur
pengetahuan bahasa ( bunyi, kata, kalimat dan pragmatik) 4) mampu
mengomunikasikan ide dalam bentuk teks dan lisan dengan runtut.
Adapun gambaran umum dari materi ketiga modul adalah sebagai
berikut:
- Modul 1 Konsep Dasar Literasi dan Numerasi
Pada modul ini akan dibahas: 1) konsep dasar
literasi, 2) konsep dasar numerasi, 3) perkembangan literasi, 4) perkembangan
numerasi dan 5) pemrofilan literasi anak. Setelah menyelesaikan modul ini
peserta akan dimudahkan untuk belajar modul 2.
- Modul
2 Implementasi Literasi dan Numerasi Berbasis Kelas
Pada modul 2 membahas: 1) implementasi Literasi dan
Numerasi di kelas, 2) Implementasi Literasi dan Numerasi tematik,
3) Implementasi Literasi dan Numerasi berbasis mata pelajaran dan 4)
Penyusunan program literasi dan numerasi di kafe.
- Modul 3 Praktik baik
penyelenggaraan Literasi dan Numerasi.
Sub modul terdiri dari 1) Literasi dan numerasi pada
Keluarga, 2) literasi dan numerasi di Sekolah dan 3) Literasi dan
Numerasi di masyarakat.
Sahabat
guru, selamat mengikuti Bimtek.
p.1. Penjelasan Program
Sasaran dan tujuan
1.
memberikan pengetahuan pengertian literasi
dan numerasi dengan tepat,
2.
memberikan pemahaman
perkembangan literasi dan numerasi sebagai bagian dari proses belajar
berkelanjutan,
3.
memberikan keterampilan pemrofilan
perkembangan literasi sebagai dasar pembelajaran numerasi,
4.
memberikan pemodelan implementasi literasi
dan numerasi pada pembelajaran di kelas, dan
5.
memberikan pengetahuan tentang praktik baik
literasi dan numerasi pada keluarga, sekolah dan masyarakat.
p.1. Penjelasan Program
Hasil yang diharapkan
1.
Peningkatan keterampilan dasar literasi dan
numerasi guru pendidikan dasar.
2.
Peningkatan keterampilan dasar literasi dan
numerasi kepala sekolah pada pendidikan dasar.
3.
Peningkatan keterampilan dasar literasi dan
numerasi pengawas sekolah pada pendidikan dasar.
4.
Mewujudkan keberlanjutan proses
pembelajaran berbasis literasi dan numerasi sesuai dengan tingkatan kelas di
jenjang pendidikan dasar
p.1. Penjelasan Program
Pendaftaran dan Proses Belajar
1.
Peserta bimtek diberi keleluasaan untuk
memilih jadwal waktu belajar sendiri sesuai pilihan waktu yang telah
disediakan, melalui laman gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id;
2.
Peserta mengikuti bimtek selama 32 Jam
Pelajaran (JP) sesuai waktu yang telah dipilih. Peserta diharuskan untuk
menuntaskan seluruh rangkaian bimtek hingga mengikuti Tes Akhir dan mendapatkan
skor Tes Akhir paling rendah 70%. Peserta yang tidak dapat menyelesaikan modul
bimtek atau perolehan skor Tes Akhir kurang dari 70%, dapat mengulang sampai
dengan 3 kali post test. Apabila 3 (tiga) kali kesempatan tetap tidak berhasil
/dinyatakan tidak tuntas, maka peserta dapat mengulang kembali
dengan memilih jadwal yang masih ada.
3.
Peserta yang sudah menuntaskan bimtek
diharuskan membuat pengimbasan dan mengupload bukti fisiknya pada link yang
sudah disediakan. Adapun Rencana Tindak Lanjut dibuat sebagai berikut:
a.
Untuk guru, rencana strategi implementasi
literasi dan numerasi dalam kegiatan pembelajaran sesuai mata pelajaran yang
diampu. Untuk Kepala dan Pengawas Sekolah, rencana implementasi strategi
literasi dan numerasi di sekolah.
b.
Rencana pengimbasan kepada rekan sejawat di
kelompok kerja (PKG, KKG, MGMP, MKKS, KKPS/MKPS) secara luring ataupun daring.
4.
Sertifikat dapat diunduh bagi peserta yang
sudah menyelesaikan pengimbasan.
p.1. Penjelasan Program
Sertifikat
Peserta
akan mendapat E-sertifikat untuk kegiatan bimtek sebagai bukti telah
menuntaskan tahapan dengan ketentuan sudah menuntaskan seluruh
rangkaian bimtek dan mendapatkan skor akhir paling rendah 70%.
E-Sertifikat yang telah diperoleh dapat diunduh pada
laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ atau di portofolio guru pada
akun SIM-PKB.
Referensi
Abidin, Tita dan
Hana (2017) Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Matematika,
Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Dirjen GTK Kemdikbud. (2017).
Bahan Belajar Model Kompetensi Kepala Sekolah pada Level Berkembang. Jakarta:
Kemdikbud
Dirjen GTK Kemdikbud. (2017).
Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta:Kemdikbud
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Sidoarjo. (2009). Praktik Baik Pembelajaran Numerasi di
Kabupaten Sidoarjo. Jawa Timur: Program Inovasi untuk peserta didik
Sekolah Indonesia (INOVASI) di Jawa Timur Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo
Kern, R.( 2000). Literacy and
Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.
Surat Kabar Guru Belajar “Bangun
Budaya Literasi di Sekolah” oleh Wahyuniar - SMPN 4 Pinrang.
Surat Kabar Guru Belajar
“Mengenal Pecahan dalam Kehidupan” oleh Li’lli Nur Indah Sari
Internet :
http://www.darmanreubee.com/2015/11/apa-kabar-dunia-pendidikan-kita.html
https://www.kosngosan.com/2019/05/contoh-pohon-literasi-sd-smp-sma.html
https://sintiyaelfariani.blogspot.com/2018/04/contoh-makalah-laporan-hasil-budi-daya.html
https://www.panduanmengajar.com/2019/04/contoh-sk-tim-literasi-sekolah.html