πš‚πšŽπš•πšŠπš–πšŠπš πšπšŠπšπšŠπš—πš, πšƒπšŽπš›πš’πš–πšŠ π™ΊπšŠπšœπš’πš‘ πšπšŽπš•πšŠπš‘ πš‹πšŽπš›πš”πšžπš—πš“πšžπš—πš ! π™°πš—πšπšŠ πšŠπšπšŠπš•πšŠπš‘ πš˜πš›πšŠπš—πš πš™πš’πš•πš’πš‘πšŠπš— πš’πšŠπš—πš πš–πšŽπš—πšžπš“πšž πš‹πš•πš˜πš πš’πš—πš’. π™±πš•πš˜πš πš‹πšŽπš›πš’πšœπš’ πšŽπšπšžπš”πšŠπšœπš’ πšžπš—πšπšžπš” πšœπšŽπš–πšžπšŠ πš’πš—πšœπšŠπš—. π™°πš™πšŠπš™πšžπš— πš’πšŠπš—πš πšπš’πš‹πšŠπšŒπšŠ πš’πšπšžπš•πšŠπš‘ πš’πšŠπš—πš πšŠπš”πšŠπš— πšπš’πšπšŽπš›πš’πš–πšŠ. πš‚πš’πšŠπš™πšŠ πš’πšŠπš—πš πš–πšŽπš—πšŽπš–πš™πšžπš‘ πš“πšŠπš•πšŠπš— πšžπš—πšπšžπš” πš–πšŽπš—πšŒπšŠπš›πš’ πš’πš•πš–πšž, πš–πšŠπš”πšŠ π™°πš•πš•πšŠπš‘ πšŠπš”πšŠπš— πš–πšžπšπšŠπš‘πš”πšŠπš— πš‹πšŠπšπš’πš—πš’πšŠ πš“πšŠπš•πšŠπš— πš–πšŽπš—πšžπš“πšž πšœπšžπš›πšπšŠ.” (π™·πš π™Όπšžπšœπš•πš’πš–, πš—πš˜. 𝟸𝟼𝟿𝟿). πš„πš—πšπšžπš” πš–πšŽπš—πšŒπšŠπš›πš’ πš’πš•πš–πšž πš‘πšŠπš›πš’ πš’πš—πš’ πš•πšŽπš‹πš’πš‘ πš–πšžπšπšŠπš‘ πšπšŽπš—πšπšŠπš— πš“πšŠπš›πš’ πš“πšŽπš–πšŠπš›πš’ πšπšŠπš›πš’πš™πšŠπšπšŠ πš”πšŠπš”πš’. πš‚πšŽπš•πšŠπš–πšŠπš πš–πšŽπš–πš‹πšŠπšŒπšŠ ! .

Seri Literasi dan Numerasi

No Comments

 Penjelasan Program LMS Guru Belajar Literasi Numerasi

LITERASI & NUMERASI


p.1. Penjelasan Program

Pengantar Bimtek

 

Sahabat Guru Belajar, Selamat datang di Bimbingan Teknik (Bimtek)  Literasi dan Numerasi Palform Guru Belajar dan Berbagi. Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan literasi dan numerasi bagi anak Indonesia lima belas tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang kurang menggembirakan. Hasil tes PISA belum dapat menunjukkan perkembangan yang sesuai harapan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS)  sudah diprogramkan dan diberikan berbagai pelatihan. Dari praktik penerapan program GLS masing-masing daerah memiliki tafsir yang beragam. Penafsiran ini berdampak pada pelaksanaan program literasi di sekolah.

Dalam rangka meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi guru kami menyelenggarakan Bimtek Literasi dan Numerasi ditujukan untuk guru SD dan SMP. Bimtek ini terdiri dari 3 Modul yaitu: 1) Konsep Dasar Literasi dan Numerasi, 2) Implementasi Literasi dan Numerasi pada pembelajaran di sekolah dan 3) Praktik Baik Literasi dan Numerasi di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Melihat urgensinya materi dalam Bimtek ini, kami berharap Guru SMA/SMK/MA dan Kepala sekolah SD, SMP dan SMA seyogyanya mengikuti Bimtek ini. Hal ini akan banyak membantu proses implementasi literasi dan Numerasi pada jenjang tersebut. Para Widya Iswara Bahasa Indonesia dan Widya Iswara Matematika, perlu juga melihat materi dan perkembangan konsep serta implementasi Literasi dan Numerasi pada Bimtek ini.  

Sahabat Guru Belajar,

Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan peserta memiliki kecakapan literasi berkembang dengan indikator: 1) mampu melihat profil perkembangan literasi anak, 2) mampu menyiapkan kelas yang kaya teks, 3) mengetahui struktur pengetahuan bahasa ( bunyi, kata, kalimat dan pragmatik) 4) mampu mengomunikasikan ide dalam bentuk teks dan lisan dengan runtut.

Adapun gambaran umum dari materi ketiga modul adalah sebagai berikut:

  • Modul 1 Konsep Dasar Literasi dan Numerasi

Pada modul ini akan dibahas: 1) konsep dasar literasi, 2) konsep dasar numerasi, 3) perkembangan literasi, 4) perkembangan numerasi dan 5) pemrofilan literasi anak. Setelah menyelesaikan modul ini peserta akan dimudahkan untuk belajar modul 2.

  • Modul 2 Implementasi Literasi dan Numerasi Berbasis Kelas

Pada modul 2 membahas: 1) implementasi Literasi dan Numerasi di kelas, 2) Implementasi Literasi dan Numerasi  tematik, 3)  Implementasi Literasi dan Numerasi berbasis mata pelajaran dan 4) Penyusunan program literasi dan numerasi di kafe.

  •  Modul 3 Praktik baik penyelenggaraan Literasi dan Numerasi. 

Sub modul terdiri dari 1) Literasi dan numerasi pada Keluarga, 2) literasi dan numerasi di Sekolah dan 3) Literasi dan Numerasi  di masyarakat. 

 

Sahabat guru, selamat mengikuti Bimtek.

 

p.1. Penjelasan Program

Sasaran dan tujuan

Sasaran program pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi adalah Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas di jenjang SD, SMP, SMA/SMK di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Setelah mengikuti bimbingan teknis ini, peserta  diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang pengembangan aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan numerasi di sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang dapat menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia.

Adapun tujuan dari bimbingan teknis ini adalah: 

1.        memberikan pengetahuan pengertian literasi dan numerasi dengan tepat, 

2.        memberikan pemahaman  perkembangan  literasi dan numerasi sebagai bagian dari proses belajar berkelanjutan,

3.        memberikan keterampilan pemrofilan perkembangan literasi sebagai dasar pembelajaran numerasi, 

4.        memberikan pemodelan implementasi literasi dan numerasi pada pembelajaran di kelas, dan 

5.        memberikan pengetahuan tentang praktik baik literasi dan numerasi pada keluarga, sekolah dan masyarakat.

 

p.1. Penjelasan Program

Hasil yang diharapkan

Dengan adanya pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru Belajar & Berbagi, secara umum diharapkan dapat menghasilkan gambaran kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi dasar, implementasi, dan praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia. Adapun secara khusus hasil yang diharapkan dari kegiatan bimbingan teknis ini diantaranya:

1.        Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi guru pendidikan dasar.

2.        Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi kepala sekolah pada pendidikan dasar.

3.        Peningkatan keterampilan dasar literasi dan numerasi pengawas sekolah pada pendidikan dasar.

4.        Mewujudkan keberlanjutan proses pembelajaran berbasis literasi dan numerasi sesuai dengan tingkatan kelas di jenjang pendidikan dasar

 

p.1. Penjelasan Program

Pendaftaran dan Proses Belajar

1.        Peserta bimtek diberi keleluasaan untuk memilih jadwal waktu belajar sendiri sesuai pilihan waktu yang telah disediakan, melalui laman gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id;

2.        Peserta mengikuti bimtek selama 32 Jam Pelajaran (JP) sesuai waktu yang telah dipilih. Peserta diharuskan untuk menuntaskan seluruh rangkaian bimtek hingga mengikuti Tes Akhir dan mendapatkan skor Tes Akhir paling rendah 70%. Peserta yang tidak dapat menyelesaikan modul bimtek atau perolehan skor Tes Akhir kurang dari 70%, dapat mengulang sampai dengan 3 kali post test. Apabila 3 (tiga) kali kesempatan tetap tidak berhasil /dinyatakan tidak tuntas, maka peserta   dapat mengulang kembali dengan memilih jadwal yang masih ada.

3.        Peserta yang sudah menuntaskan bimtek diharuskan membuat pengimbasan dan mengupload bukti fisiknya pada link yang sudah disediakan. Adapun Rencana Tindak Lanjut dibuat sebagai berikut:

a.        Untuk guru, rencana strategi implementasi literasi dan numerasi dalam kegiatan pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu. Untuk Kepala dan Pengawas Sekolah, rencana implementasi strategi literasi dan numerasi di sekolah.

b.       Rencana pengimbasan kepada rekan sejawat di kelompok kerja (PKG, KKG, MGMP, MKKS, KKPS/MKPS) secara luring ataupun daring.

4.        Sertifikat dapat diunduh bagi peserta yang sudah menyelesaikan pengimbasan.

 

 


p.1. Penjelasan Program

Sertifikat


Peserta akan mendapat E-sertifikat untuk kegiatan bimtek sebagai bukti telah menuntaskan tahapan  dengan ketentuan sudah menuntaskan seluruh rangkaian bimtek  dan mendapatkan skor akhir paling rendah 70%. 

E-Sertifikat yang telah diperoleh dapat diunduh pada laman https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ atau di portofolio guru pada akun SIM-PKB.

 

Referensi

Abidin, Tita dan Hana (2017) Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Dirjen GTK Kemdikbud. (2017). Bahan Belajar Model Kompetensi Kepala Sekolah pada Level Berkembang. Jakarta: Kemdikbud

Dirjen GTK Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta:Kemdikbud

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. (2009). Praktik Baik  Pembelajaran Numerasi di Kabupaten  Sidoarjo. Jawa Timur: Program Inovasi  untuk peserta didik Sekolah Indonesia (INOVASI) di Jawa Timur Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo

Kern, R.( 2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Surat Kabar Guru Belajar “Bangun Budaya Literasi di Sekolah” oleh Wahyuniar - SMPN 4 Pinrang.

Surat Kabar Guru Belajar “Mengenal Pecahan dalam Kehidupan” oleh Li’lli Nur Indah Sari

Internet :

http://www.darmanreubee.com/2015/11/apa-kabar-dunia-pendidikan-kita.html

https://www.kosngosan.com/2019/05/contoh-pohon-literasi-sd-smp-sma.html

https://sintiyaelfariani.blogspot.com/2018/04/contoh-makalah-laporan-hasil-budi-daya.html

https://www.panduanmengajar.com/2019/04/contoh-sk-tim-literasi-sekolah.html

 

 


Jalil Alaydrus

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Blog Archive

SEARCH

Made with Love by

Made with Love by
Grid Mag Template is Designed Theme for Giving Enhanced look Various Features are available Which is designed in User friendly to handle by Piki Templates Developers. Simple and elegant themes for making it more comfortable

Blogger templates

Section Background

Section Background
Background image. Ideal width 1600px with.

Text Widget

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

About

This just a demo text widget, you can use it to create an about text, for example.

Category List

Labels

Pages

Pages - Menu

FOLLOW ME

Comments

3-comments

Featured Section

Most Recent

back to top